Inilah Arti Nama-Nama Para Hokage Konoha


Tahukah bahwa Nama-nama Hokage dari Hashirama sampai Naruto itu memiliki makna ? Orang namanya Hokage (pemimpin tertinggi didesa Konoha) jadinya dalam memberikan nama om Masashi Kisimoto nggak bisa sembarangan.

Dan nama dari para Hokage ini juga sangat berkaitan dengan karakteristik mereka.
Sebelum itu, sobat sebaiknya mengerti arti dari Hokage. Hokage adalah orang dengan posisi tertinggi di desa Konoha. Pemiliki gelar ini adalah para ninja terkuat yang dipercaya untuk memimpin desa. Secara harfiah Hokage itu berarti "Bayangan Api".

Sampai saat ini sudah ada 7 Hokage resmi dan 1 Hokage sementara yang sudah memimpin desa Konoha. Para Hokage ini sudah ikut menggiring sejarah panjang dari desa Konoha, dari mulai terbentuk dan hingga era Boruto sekarang. Masing-masing dari para Hokage ini memiliki ciri dan kekuatan yang berbeda satu dengan lainnya, tapi yang perlu sobat ketahui para Hokage ini memiliki persamaan yaitu Hi no Ishi atau berarti Semangat Api dari Konoha.




Berikut arti dari Nama para Hokage :

1. Hashirama Senju




Hashirama berasal dari klan yang sangat dihormati di desa Konoha, yaitu klan Senju. Bersama klan Uciha, Klan senjulah yang mendirikan desa Konoha atas Prakasa dari Hashirama ini. Bahkan Dia dijuluki sebagai " Dewa Shinobi".

Sebagai pendiri desa Konoha, dia dipercaya sebagai Hokage Pertama di desa ini.

Namanya adalah Hashirama (柱間), yang berarti “Jarak diantara pilar”, dan namanya jika dipersingkat lagi adalah Hashira (柱) yang berarti “pilar” atau tiang penguat. Hal ini mengambarkan bahwa Hashirama adalah Hokage yang menjadi pilar atau tiang penguat untuk keamanan, kenyamanan dan pendukung desa Konoha selama ini.

Nama keluarganya, Senju (千手) berarti “Seribu Tangan”, sama seperti salah satu jurus terkuat Hashirama yaitu Senpou Mokuton Shinsuusenju dimana Hashirama mengeluarkan patung kayu raksasa dengan ribuan tangan yang bisa dia kendalikan.

2. Tobirama Senju




Tobirama Senju adalah adik dari Hashirama Senju. Seperti kakaknya, dia juga merupakan Shinobi kuat yang ada di desa Konoha. Setelah Hashirama wafat dia dipercaya menjadi Hokage ke 2.

Arti namanya adalah Tobirama (扉間) yang berarti “Jarak diantara pintu”, jika dipersingkat menjadi Tobira (扉) yang berarti “Pintu”. Jika melihat dari kontribusinya untuk desa Konoha, dia adalah Hokage yang ‘membuka pintu’ untuk perkembangan Konoha.

Selain kuat, Tobirama juga terkenal jenius dalam berbagai hal inovasi baru bagi Konoha. Seperti Sistem akademi ninja, Anbu dan Ujian Chunnin. Selain itu, ia juga banyak mengembangkan jurus untuk para Shinobi, seperti seribu bayangan, Hiraishin, dan jurus terlarang Edo-tensei dialah yang menciptakan.


3. Hiruzen Sarutobi




Hiruzen Sarutobi adalah Hokage ketiga, setelah Hokage kedua (Tobirama) menjadikan dirinya menjadi umpan saat melakukan misi, dia mempercayakan kedudukan Hokage kepada Hiruzen Sarutobi. Hiruzen terkenal juga karena kejeniusannya, bahkan dia dijuluki dengan Professor karena dia mampu menguasai seluruh jurus yang ada di Konoha "WOW !!!".

Namanya Hiruzen (ヒルゼン) kemungkinan diambil dari sebuah nama gunung yang memiliki hana Hiruzensanza di pulau Honsu, Jepang. Sedangkan nama keluarganya adalah Sarutobi (猿飛) yang memiliki arti “Lompatan Kera”.

Hubungan Hiruzen dengan kera adalah, karena Hiruzen Sarutobi memiliki hewan Kuchiyose yang berbentuk Kera yang bernama Enma, si Raja Kera. Bahkan Hokage kedua juga sering memanggil Hiruzen dengan nama Saru (サル) yang berarti kera.


4. Minato Namikaze




Minato adalah Hokage keempat dan merupakan ayah dari sang Tokoh utama Uzumaki Naruto. Tidak seperti Hokage lainnya, dia menjabat sebagai Hokage dengan jabatan yang singkat. Karena harus melindungi desa Konoha dari serangan Kyubi, bisa dibilang dia adalah Shinobi yang mati muda.

Namikaze (波風) pada nama Hokage keeempat berarti “Gelombang dan angin.” Hal ini bisa diartikan karena keahliannya dimana Minato bisa berteleportasi dan bergerak dengan sangat cepat. Jutsu ini bisa di kenal dengan nama Hiraishin no Jutsu.

Minato (港) sendiri memiliki arti “Pelabuhan” atau tempat untuk berlabuh. Hal ini juga bisa dilihat dengan jutsu andalan lainnya, yakni Kunai Hiraishin yang sudah ditandai dengan Jutsu. Kunai ini lah yang berguna untuk Minato untuk berlabuh dari satu tempat ke tempat yang lain.

5. Tsunade Senju




Dari semua Hokage yang pernah menjabat. Tsunade adalah Hokage perempuan pertama yang menjabat di Desa Konoha. Dan dia adalah Hokage tertua yang masih hidup hingga Era Boruto. Bisa dibilang dia adalah Hokage dengan umur yang panjang.

Tidak seperti Hokage yang lain, mungkin arti nama Tsunade tidak memiliki arti khusus. Tsunade (綱手) bisa diartikan sebagai “Tali tambang”. Tetapi lagi-lagi namanya bukanlah nama sembarangan.

Nama Tsunade diambil dari karakter dalam cerita rakyat Jepang yang berjudul Jiraiya Goketsu Monogatari (Petualangan Jiraiya si Pemberani). Kisah itu menceritakan tentang ninja bernama Jiraiya yang bisa berubah menjadi katak. Tsunade sendiri adalah istri dari Jiraiya di dalam cerita itu, seorang wanita cantik yang bisa berubah menjadi siput besar.

Tentunya Trio Sannin legendaris diambil dari cerita ini, terutama nama dan unsur binatang yang mereka miliki.

6. Kakashi Hatake




Kakashi Hatake adalah Hokage keenam, merupakan murid dari Minato (Hokage ke empat) dan Guru dari Naruto (Hokage ke tujuh). Dia terkenal dengan sebutan Kakashi copy-ninja (Kakashi si peniru) karena dia bisa meniru berbagai jurus lawan dengan Sharingan yang dimilikinya.

Kakashi (案山子) sendiri berarti “Orang-orangan sawah”, dan nama keluarganya, Hatake (畑) memiliki arti “Ladang”, yang bisa diartikan bahwa Kakashi Hatake adalah orang-orangan di ladang atau sawah.

Selain Kakashi sebenarnya Minato ingin menamainya dengan nama perlengkapan berkebunan yang lain. Seperti Kama (Sabit), Enoki (Pohon Jelatang) dan Kuwa (Cangkul). Tapi pada akhirnya om Kishimoto memilih nama Kakashi, dan sepertinya dia puas dengan nama itu.

Unsur orang-orangan sawah dalam karakter Kakashi adalah saat Naruto kecil yang berlatih menggunakan orang-orangan sawah yang memakai pakaian ala Kakashi.

7. Naruto Uzumaki



Ini dia Hokage yang dipercaya sebagai Hokage terkuat yang pernah ada di Desa Konoha. Mungkin dari banyak sobat yang membaca artikel ini, sudah tahu arti dari nama Naruto ini.

Namanya diambil dari sebuah toping di atas mie ramen yaitu toping Naruto (ナルト). Bentuk dari Toping naruto ini seperti bunga denagn Motif yang spiral/pusaran ditengahnya.

Untuk Uzumaki (うずまき) sendiri berarti spiral/pusaran, simbol yang sama dengan nama Naruto dan simbol yang ada di rompi/baju chunin hijau dari Konoha. Kesukaan Naruto akan ramen dan jurus andalannya yang merupakan rasengan sudah cukup menggambarkan kedua hubungan ini.

Selain itu Nama Naruto Uzumaki juga sepertinya diambil dari Naruto no Uzushio, yaitu sebuah pusaran air pasang surut yang berada dekat dengan jembatan Naruto di Tokushima, Jepang.

Danzo Shimura




Seperti yang sudah admin sebut diatas, bahwa artikel ini memuat arti nama para Hokage resmi dan Hokage sementara (bisa dibilang tidak resmi). Dan Hokage tidak resmi tersebut adalah Danzou, yang sosoknya begitu kontroversial dan menjabat sebagai Hokage sementara ketika Tsunade mengalami Koma setelah bertarung dengan Pain.

Danzou sendiri menobatkan diri sebagai Hokage keenam. Sayangnya belum sempat dilantik menjadi Hokage resmi dia terbunuh di saat pertarungan melawan Sasuke.

Danzo kemungkinan diambil oleh Masashi Kishimoto dari Kato Danzo, seorang ninja hebat yang ada pada era Sengoku di Jepang. Sedangkan Shimura (志村) kemungkinan diambil dari dua kata, yaitu “Kemauan untuk dilakukan” (志) dan juga “Desa” (村), yang kurang lebih berarti “Akan kulakukan apapun demi desa.”

Nama itu sangat cocok bagi Danzou Shimura, karena dia memang melakukan apapun demi melindungi desa Konoha.


Sumber : http://www.ragons.net/2017/07/arti-nama-para-hokage-desa-konoha.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.